Cara Beternak Naga Berjenggot BEARDED DRAGON yang Baik dan Benar



Cara Beternak Naga Berjanggut BEARDED DRAGON 


Sementara banyak peternak / pemilik pertama kali menganggap hanya menempatkan naga berjanggut betina dan jantan bersama-sama adalah semua yang diperlukan ... pada kenyataannya, mempelajari cara membiakkan naga berjenggot sebenarnya jauh lebih teknis (belum lagi mahal) daripada yang disadari sebagian besar pemilik hewan peliharaan!
Bahkan, hanya menempatkan naga berjanggut betina dan jantan bersama-sama benar-benar dapat memiliki konsekuensi mengerikan dan bahkan fatal bagi naga dan bahkan bayi jika Anda membiakkan morf yang salah!

Yang Perlu Anda Ketahui di Awal Tentang Pembibitan Naga Berjenggot

Peternak Naga Berjenggot Memegang Bayi Beardies
Ada begitu banyak yang masuk ke pengembangbiakan naga berjanggut dan dengan demikian, keputusan untuk mulai berkembang biak tidak boleh dianggap enteng atau dibuat gegabah.
Karena itu, sangat penting bagi siapa pun yang ingin membiakkan naga berjanggut untuk melakukan penelitian yang tepat dan mendidik diri mereka sendiri tentang segala sesuatu yang benar-benar masuk ke dalam proses ini untuk memastikan kesejahteraan ayah, ibu, dan bayi!
Ini adalah harapan saya bahwa artikel ini tentang cara membiakkan naga berjanggut berfungsi sebagai tinjauan yang sangat baik dari langkah-langkah yang harus diambil dalam proses pemuliaan, untuk memberi Anda klarifikasi yang lebih baik tentang apakah pembiakan itu tepat untuk Anda atau tidak.
Namun, informasi yang disajikan di sini, meskipun sangat teliti, tidak menunjukkan keseluruhan proses.
Karena itu, Anda HARUS bersedia melakukan lebih banyak riset sendiri dan idealnya berbicara dengan peternak untuk belajar lebih banyak lagi.
Dengan semua ini dikatakan, jika Anda ingin mempelajari cara membiakkan naga berjanggut, mulailah dengan membaca artikel ini untuk mendapatkan gambaran tentang segala sesuatu yang dapat Anda harapkan dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk kesuksesan optimal!
* Gunakan Daftar Isi di bawah ini untuk navigasi cepat!

Bisakah Dragon Beared Pria dan Wanita Hidup Bersama?

naga berjanggut di tangki bersama-sama
Pendeknya? Tentu. Tetapi, haruskah mereka? TIDAK!
Inilah sebabnya: Naga berjanggut jantan Anda akan bertindak berdasarkan naluri alaminya untuk “membiakkan” betina dan ini pada gilirannya akan menyebabkannya banyak stres dan bahkan kerusakan fisik.
Pikirkan seperti ini, di alam liar, naga berjanggut betina dapat melarikan diri dari jantan yang terangsang ... tetapi di dalam tangki? Dia tidak punya tempat untuk melarikan diri.
Memaksa seorang wanita untuk hidup bersama dengan pria adalah kejam.
Bahkan, ada banyak pemilik yang akan memberi tahu Anda bahwa betina mereka yang hidup dengan jantan meninggal tak lama setelah bertelur atau menjadi sakit karena stres. Tapi jangan lakukan itu.
Juga, sengketa teritorial dapat meletus antara naga berjanggut yang mengarah ke pertempuran, cedera, atau bahkan kematian.
Apa yang mungkin terjadi adalah yang lebih kecil dari kedua naga itu akan dihajar habis-habisan dan entah cacat atau bahkan terbunuh.
Hal ini tidak layak mempertaruhkan.

Seperti Apakah Perilaku Bearded Dragon Mating?

Perilaku Bearded Dragon Mating
Naga berjenggot yang siap kawin akan menampilkan beberapa perilaku utama yang menunjukkan itu "waktu itu". Silakan pertimbangkan perilaku berikut di bawah ini ...

Perilaku Beruang Naga Jantan Jantan 

Ketika naga berjanggut jantan siap kawin, Anda akan melihat janggutnya berubah hitam tanpa dipancing dan dia sedikit menggelengkan kepalanya .
Juga, jika ada wanita di hadapannya yang bisa dilihatnya, Anda mungkin mulai memperhatikan dia menginjak kaki depannya dan bahkan mengejarnya sedikit, mencoba untuk me-mount-nya.
Juga, selama proses perkawinan, naga berjanggut jantan akan menggigit leher naga berjanggut betina untuk mencoba dan menahannya diam-diam saat dia menungganginya.
Dalam beberapa kasus ekstrem, ini bahkan dapat menyebabkan kulitnya terkoyak.
Anggap saja naga berjanggut jantan bukanlah spesies yang paling romantis dan paling suka menyetujui.
Ini lebih jauh menekankan mengapa sangat penting untuk menjaga naga berjenggot pria dan wanita terpisah.
Satu-satunya waktu untuk menyatukan mereka adalah selama periode singkat awal mencoba kawin!
Anda dapat melihat perilaku kawin agresif pria dalam video di bawah ini ...

Perilaku Beruang Naga betina

Ketika datang ke naga berjanggut perempuan, mereka tidak hampir sama mencoloknya dengan rekan-rekan pria mereka.
Namun, seorang wanita yang siap untuk kawin kemungkinan akan menunjukkan lengan melambai sebagai balasan atas kepalanya yang terayun-ayun.

Berapa Umur Harus Menjadi Naga Berjenggot?

Naga berjenggot tidak dianggap dewasa secara seksual sampai mereka setidaknya berusia 18 bulan.
Karena itu, membiakkan naga apa pun di bawah umur ini harus menjadi hal terjauh dari pikiran Anda.
Biarkan naga Anda tumbuh sehat, kuat, bahagia, dan mencapai usia setidaknya 18 bulan (tetapi idealnya 24 bulan) sebelum Anda bahkan mempertimbangkan untuk mengembangbiakkannya.

Berapa banyak bayi yang dimiliki seekor naga berjenggot pada satu waktu?

Cara Membiakkan Naga Berjenggot
Ketika naga berjanggut betina hamil atau "terbaring", ia dapat berbaring di mana saja dari 1 hingga 4 cengkeraman untuk satu kehamilan.
Di setiap kopling, Anda dapat mengharapkan sekitar 20 telur atau lebih ... tetapi dalam beberapa kasus hingga 30!
Jadi, hanya untuk melakukan perhitungan ... pada ujung yang sangat tinggi adalah mungkin bagi naga berjanggut betina untuk bertelur total 80 hingga 120 telur di beberapa cengkeraman dari satu kehamilan!
Secara alami, dengan kemungkinan 100+ bayi menetas dalam waktu yang agak singkat, ada beberapa variabel serius yang harus Anda pertimbangkan.
Variabel pertama adalah biaya.
Tidak jarang seorang bayi menggenggam ribuan jangkrik dalam sebulan.
Dan ketika Anda memiliki beberapa cengkeraman? Bersiaplah untuk pergi ke mana saja dari 2000 hingga 4000 jangkrik sebulan. Serius.
Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk pengumpan sebanyak itu.
Juga, Anda harus siap untuk mencurahkan minimal 2 jam sehari merawat bayi .
Dari memberi mereka makan, memandikan mereka, melacak pertumbuhan mereka dan memastikan mereka semua berkembang dan sehat ... merawat anak-anak kecil ini pasti dapat menghabiskan banyak waktu setiap hari.
Semua calon peternak hanya boleh mempertimbangkan untuk menjalani proses pembibitan jika mereka mampu mencurahkan 2-4 jam untuk merawat bayi setiap hari.

Apakah Bearded Dragon Punya Musim Berkembang Biak?

Di habitat asli Australia, ya. Sobat naga berjanggut di musim semi setelah bangun dari brumation santai yang bagus .
Namun, dalam penangkaran, naga berjanggut pada dasarnya dapat kawin setiap saat sepanjang tahun.
Tetapi meskipun demikian, banyak orang akan menganjurkan Anda mencoba meniru siklus alami mereka sebanyak mungkin dan memungkinkan mereka untuk memanaskan dan kemudian kawin di musim semi (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Cara Membiakkan Naga Berjenggot dalam 10 Langkah

Kopling dari Hatchling Naga Berjenggot
Seperti disebutkan di atas, pembiakan naga berjanggut bukanlah jalan di taman dan hanya boleh dilakukan oleh pemilik yang bertanggung jawab yang telah melakukan semua kerja keras dan penelitian untuk memastikan hasil terbaik untuk semua naga (dan tukik) yang terlibat.
Dan karena saya sendiri bukan peternak, tetapi hanya pemilik reptil yang berpendidikan, saya tidak mungkin membahas setiap detail peternak potensial yang HARUS saya ketahui sebelumnya.
Apa yang bisa saya lakukan, adalah menawarkan gambaran yang bagus tentang apa yang dapat Anda harapkan untuk membantu memperjelas apakah proses ini cocok untuk Anda atau tidak.
Baca terus untuk mengetahui beberapa langkah penting tentang cara membiakkan naga berjanggut.

1. Bertemu dengan Peternak

Peternak Naga Berjenggot Berpengalaman
Dengar, Anda tidak akan langsung melompat ke jalur karier baru tanpa setidaknya mendapatkan saran dari teman dan keluarga atau bahkan seseorang yang bekerja di bidang itu ... kan?
Jadi, mengapa Anda melompat kepala lebih dulu untuk membiakkan hewan baru / reptil / apa pun tanpa berkonsultasi dengan seseorang yang tahu sesuatu tentang hal itu terlebih dahulu?
Banyak peternak pertama kali akan membuat asumsi bahwa membiakkan naga berjenggot akan "mudah" atau "menyenangkan" atau "imut" ... tapi jujur, tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran!
Tentu, melihat tukik menetas dan tumbuh besar dan menemukan rumah adalah hal yang sangat memuaskan ... tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan rumah untuk semua tukik?
Bagaimana jika, beberapa tukik memiliki masalah kesehatan yang serius?
Bagaimana jika betina Anda meletakkan 4 cengkeraman besar dan tukik Anda memakan Anda di luar rumah dan di rumah? Lalu bagaimana?
Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan semua skenario yang mungkin, baik atau buruk, dan bertemu dengan peternak akan membantu Anda menyadari betapa banyak skenario yang ada untuk Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

2. Pelajari tentang Garis Silsilah dan Rias Genetik Naga yang Ingin Dikembangbiakan 

Langka Bearded Dragon Morph
Jika Anda pikir Anda hanya bisa mengembangbiakkan dua naga berjanggut bersama, maka saya minta maaf untuk mengatakan Anda salah.
Untuk menghasilkan tukik yang paling sehat dan paling menarik, Anda harus melakukan riset pada susunan genetik setiap naga induk.
Mengapa?
Ya, hanya karena beberapa morf tertentu tidak bersatu dengan baik dan dapat menyebabkan tukik yang sakit, lemah, atau bahkan cenderung mati sangat muda. Juga,

3. Bawa Naga Berjenggot Anda ke Dokter Hewan

Cara membiakkan naga berjanggut 2
Bahkan sebelum perkawinan atau kohabitasi terjadi, buat titik untuk membawa kedua naga Anda ke dokter hewan untuk memastikan mereka benar-benar cukup sehat untuk dibiakkan.
Dokter hewan akan menimbang mereka, mengukurnya, dan melakukan pengujian yang tepat untuk menentukan apakah naga membawa virus atau tidak.
Juga, saat Anda berada di dokter hewan, pastikan untuk menanyakan kemungkinan meremukkan naga Anda.
Pastikan dokter hewan menemukan mereka cukup sehat untuk berjongkok di musim dingin.

4. Persiapkan Dragon Bearded Anda untuk Brumation

Brumating Bearded Dragon
Meskipun mungkin bukan skenario ideal Anda, tetap mengikuti siklus alami berbagai hal berarti membiarkan dan mendorong (tidak memaksa) naga berjanggut Anda untuk brumate.
Jika dokter hewan memberi Anda lampu hijau untuk memungkinkan brumate naga berjanggut Anda, maka pertimbangkan untuk memulai proses itu pada musim gugur.
Setelah bangun dari brumation, Anda harus melihat kedua naga menampilkan perilaku yang menunjukkan mereka siap berkembang biak (lihat di atas).
Pada titik ini, Anda dapat mulai berpikir tentang menempatkan mereka bersama SETELAH mengambil langkah-langkah berikut di bawah ini terlebih dahulu.

5. Persiapkan Wanita Bearded Dragon Anda dengan Suplemen KANAN

Repashy Calcium Plus 6 Oz JAR
Untuk membantu mempersiapkan betina Anda untuk memasang jepitan yang paling sehat, lakukan diet yang menggabungkan suplemen kalsium dan vitamin D harian .
Anda harus memberinya suplemen ini setidaknya selama dua minggu sebelum usaha pembiakan untuk membantu telurnya memiliki banyak kalsium dan mencegahnya menjadi kekurangan kalsium setelah bertelur.

6. Pertimbangkan Mempersiapkan Tangki Pembiakan Terpisah

Tangki Bearded Dragon
Untuk menghindari agresi dari masalah teritorial (atau setidaknya, meminimalkan risiko), pertimbangkan untuk mengumpulkan habitat baru untuk jantan dan betina tempat Anda berkembang biak.
Dengan memperkenalkan mereka ke habitat baru, Anda akan mengurangi kemungkinan mereka berkelahi. Juga, sangat penting ukuran tangki cukup untuk kedua naga berjanggut.
Jadi, cobalah membidik setidaknya 75 galon, tetapi idealnya 100 galon atau 120 galon.
Pastikan Anda memiliki batu dan cabang di habitatnya juga.
Batu-batu akan memberi mereka tempat untuk bersembunyi satu sama lain dan bersantai, sedangkan cabang-cabangnya akan bagus untuk dipanjat.

7. Mulai Mengizinkan Naga Berjenggot Anda Dipasangkan

Dua Bearded Dragon Mating
Setelah naga berjanggut betina Anda mengonsumsi kalsium dan vitamin D yang tinggi selama beberapa minggu, pertimbangkan untuk menempatkannya bersama jantan Anda dalam waktu singkat untuk memungkinkan perkawinan terjadi.
Anda akan selalu ingin hadir dan siap untuk mengawasi dan memastikan tidak ada pertengkaran.
Hanya perlu sepersekian detik bagi anggota tubuh untuk menjadi cacat parah dalam perkelahian.
Jika naga berjanggut Anda rukun dan tidak menunjukkan tanda-tanda agresi selama banyak pertemuan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membiarkan mereka tinggal di habitat untuk jangka waktu yang lebih lama.
Namun, perlu dicatat bahwa Anda masih harus hadir untuk mengawasi.

8. Sediakan Kotak Lay

Cara membiakkan naga berjanggut Anda 3
Setelah betina Anda hamil, Anda harus memastikan bahwa Anda memberinya kotak yang tepat  untuk bertelur selama sebulan atau lebih.
Kotak ini harus mengandung setidaknya delapan galon wadah dan harus mengandung setidaknya enam inci tanah lapisan atas atau pot tanah selain beberapa pasir.
Pastikan campuran ini cukup lembab sehingga dia bisa menggali di dalamnya ketika dia mencoba untuk mengubur telurnya.
Idealnya Anda menginginkan campuran yang sedikit mengumpul.

9. Beli Inkubator Anda

Inkubator Telur Zoo Med Reptibator
Sekarang setelah telur diletakkan dan dikubur, Anda harus memindahkannya ke inkubator untuk berkembang.
Di sini, mereka akan tetap sampai menetas beberapa bulan kemudian. Catatan penting tentang telur segar adalah Anda harus menghindari memegang / menyentuhnya sebanyak mungkin.
Pindahkan mereka ke inkubator dan biarkan selama beberapa hari untuk memastikan gangguan minimal dengan embrio yang sedang berkembang.
Setelah beberapa hari atau seminggu istirahat, Anda sekarang dapat mengambil senter dan memeriksa apakah telurnya subur atau tidak (jika Anda ragu).
Cukup bersinar melalui telur dan cobalah untuk melihat embrio merah muda. Tidak ada embrio? Tidak ada bayi naga berjanggut.
Anda ingin menetaskan telur selama 60 hingga 90 hari, tergantung suhu.
Suhu ideal adalah antara 80 dan 85 derajat Fahrenheit.
Dan untuk kelembapan, Anda membutuhkannya antara 30 dan 40 persen untuk menjaga telurnya tidak mengering.

10. Siapkan Tempat Sampah Bayi Anda / Rawat Bayi Baru Anda

Menetas Naga Berjenggot
Setelah bayi Anda menetas, Anda harus segera membaginya menjadi tempat sampah terpisah untuk memastikan mereka memiliki banyak ruang.
Ini juga akan membantu meminimalkan kemungkinan ekor atau anggota badan digigit juga.
Secara alami, masing-masing tempat sampah perlu diatur dengan cara yang sudah biasa bagi tangki orang dewasa.
Jadi, Anda memerlukan bola lampu UVB , sumber panas, substrat yang tepat, dan semua bahan lainnya. Juga, perhatikan bahwa bayi naga berjanggut lebih menyukai temps yang sedikit lebih panas dalam pengaturannya.
Targetkan suhu sekitar 110 derajat Fahrenheit untuk suhu berjemur.
Biasanya, Anda menginginkan 4 hingga 6 bayi per tempat sampah, tergantung pada ukuran tempat sampah. Setelah bayi tumbuh lebih besar, Anda mungkin ingin memisahkan mereka lebih banyak untuk menjaga hal-hal copasetic.

Berapa Lama Setelah Kawin Apakah Naga Berjenggot bertelur?

Rata-rata, Anda dapat mengharapkan naga berjanggut betina Anda untuk bertelur di mana saja dari 4 hingga 6 minggu setelah hamil.

Apakah telur betina berjenggot naga betina saya?

Jika Anda berpikir naga berjanggut betina Anda sedang bertelur atau akan, rileks!
Terlepas dari apakah dia bersama laki-laki baru-baru ini atau sebelum Anda mendapatkannya, naga berjanggut betina dapat benar-benar bertelur tidak subur seperti ayam.
Jika perut naga berjanggut Anda tumbuh, dia lesu, dan mulai menggali di dalam kandangnya, kemungkinan dia akan hamil dan akan segera bertelur.

Cara Membantu Betina Berbulu Naga Bertelur Perempuan

Bearded Dragon in Lay Box
Jika Anda telah menentukan naga betina berjanggut Anda akan bertelur, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuknya adalah memberinya sebuah kotak peletakan dan memastikan ia memiliki akses ke makanan tambahan untuk mengisi tubuhnya.
Juga, pastikan dia mendapatkan kalsium ekstra setiap hari sampai dia bertelur.
Naga berjanggut yang dapat menjadi kekurangan kalsium dengan mudah karena apa yang diproduksi tubuh mereka mengarah ke telur mereka.
Dan begitu telur-telur itu diletakkan, tubuh mereka sangat lemah tanpa kalsium.

Kesimpulannya

Pemilik Memegang A Beared Dragon Bearded
Karena saya yakin Anda sekarang mengerti, membiakkan naga berjanggut bukanlah jalan di taman.
Ada banyak hal yang dilakukan untuk memastikan naga berjanggut sehat, aman, dan sebebas mungkin bebas dari stres.
Juga, kita harus mempertimbangkan variabel-variabel seperti susunan genetik untuk memastikan bahwa bayi sehat dan menarik.
Banyak orang beranggapan ada banyak uang dalam membiakkan naga berjanggut karena telah menjadi agak trendi. Namun, 9 dari 10 kali ini BUKAN begitu.
Antara biaya makan, pengaturan, inkubator, dan waktu yang dihabiskan untuk merawat bayi ... berkembang biak bisa menjadi hobi yang lebih mahal daripada bisnis yang menguntungkan.
Sekarang, artikel ini sama sekali bukan upaya untuk mencoba dan "menakut-nakuti" Anda pergi atau mencegah Anda berkembang biak.
Sangat penting untuk menyajikan informasi dengan cara yang sebenarnya untuk membantu mereka yang mempertimbangkan untuk berkembang biak.
Juga, saya harus mencatat untuk terakhir kalinya bahwa saya BUKAN peternak dan artikel ini tidak mungkin mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang pemuliaan.
Karena itu, penting bagi Anda untuk menemukan peternak yang terhormat untuk diajak bicara dan melakukan riset sendiri tentang topik ini.
Taruhan terbaik Anda untuk pembiakan yang sukses dan menghasilkan uang apa pun akan berasal dari melakukan pekerjaan rumah Anda pada proses ini sebelum menyelam langsung.
Jika Anda meluangkan waktu untuk meneliti, mengajukan pertanyaan, dan benar-benar memikirkan semuanya ... maka saya yakin jika Anda memutuskan untuk maju, Anda akan menjadi peternak yang hebat!
Saya harap artikel ini terbukti membantu dalam memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membiakkan naga berjanggut.
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara membiakkan naga berjanggut, silakan tinggalkan di bagian komentar di bawah.
Saya akan melakukan yang terbaik untuk menjawabnya tetapi tidak ada janji karena saya bukan peternak.

Komentar

Paling banyak di lihat

Ragam Jenis Kelapa Untuk Bahan Bonsai Kelapa

15 Jenis Morph Bearded Dragon Yang Luar biasa Indah

Bonsai Kelapa menjadi Trend Kekinian Kaum Milenial